Wisata Air Terjun Tertinggi di Jepara


SONGGO LANGIT
Wisata Terbaik Tahun2020
Air Terjun Songgo Langit
Lokasi  Google Maps :
Harga Tiket Masuk : Rp. 4.000 per orang

Jepara adalah salah satu kabupaten di provinsi jawa tengah, di mana pahlawan putri Indonesia R.A Kartini di lahirkan. Selain terkenal dengan Kota Ukir danTenun Trosonya jepara mempunyai banyak sekali tempat wisata. Jika pantai-pantai di jepara sudah terkenal ke indahan alamnya, jepara mempunyai wisata alam surganya jepara Air terjun Songgo Langit

Songgo langit
Tempat wisata alam air terjun ini berada di daerah pegunungan lereng Muria di Dukuh Nglencer Desa Bucu Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara 30km dari pusat kota Jepara  termasuk tempat wisata favorit di jepara dengan ketinggian mencapai 80 meter. 

Gardu Pandang Negeri Di Atas Awan sekitar Songgo Langit

Keindahan
Sungguh keindahan alam yang sangat luar biasa, Air terjun ini mempunyai kualitas air yang sangat jernih mengalir dengan derasnya di lihat dari bawah berwarna putih seperti salju dan di kelilingi oleh hamparan sawah, dengan tebing tinggi bebatuan menjadikan tempat ini sangat indah di nikmati. Udara yang masih segar jauh dari polusi , dan sejuk sekali di rasakan.  Keindahan alamnya menghipnotis fikiran  menghilangkan stres, hilang semua beban kerja dan masalah pribadi serasa berada di surganya dunia. nuansa pegunungan dalam perjalanan dengan menikmati keindahan hamparan sawah yang sangat luas menambah kepuasan tersendiri



Kearifan dan keramahan penduduk menambah kesempurnaan tempat wisata ini. Sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menjadikan air terjun songgo langit sebagai tempat wisata favorit. dan pengunjung yang pernah ke air terjun songgo langit ini merasa puas. setiap saat liburan mereka selalu kembali lagi

Fasilitas

  • Gazebo Khas Jepara. Berfungsi sebagi Tempat buat ngobrol, istirahat habis bermain air, dan lain-lain.
  • Gerbang Gapura Candi bentar. adalah gapura pintu masuk di mana para wisatawan membeli karcis.
  • Spot Foto. adalah tempat berfoto-foto bagi anda yang suka berfoto, disitu disediakan beberapa tempat ada lingkaran berbenntuk hati yang dilingkari bunga, ada juga spot foto bertuliskan Songgo Langit dan lain-lainnya.

  • Tempat Parkir. tersedia tempat parkir khusus mobil dan sepeda motor.
  • Bilik Ganti Baju. tempat dimana wisatawan ganti baju mau bermain air dari kalangan anak-anak dan dewasa.
  • Ayunan. memberikan fasilitas anank-anak untu bermain.
  • Pos Keamanan. penjagaan dari keamanan mengawasi keselamatan wisatawan dan lain-lain
  • Tempat Sampah. untuk menjaga kebersihan tentunya agar tempat wisata Air Terjun Songgo Langit tetap terjaga kebersihannya.
Baca Juga :
Tradisi Unik Hajatan Warga Sekitar Songgo Langit
Download File Dokumen apa aja tinggal edit Klik Di sini


Rute perjalanan
Dari pusat kota jepara ke arah utara sampai di terminal Bangsri. Dari terminal Bangsri ambil arah jalan jurusan Pati perjalanan kurang lebih 15 km sampai pada pos ojeg sebagor di situ sudah ada penunjuk arah belok ke arah selatan melewati desa cepogo lurus terus sampai desa bucu. Dari desa bucu lurus terus sampai masuk Dukuh putat Desa Sumanding ke arah timur kurang lebih 2km dan ikuti petunjuk arah jalannya. Tempat wisata Air Terjun Songgo Langit benar di Desa Bucu tetapi harus melewati Desa sumanding karena jalannya memutar sampai Dukuh Nglencer Desa Bucu. atau anda bisa mengikuti google maps alamat sudah saya siapkan diatas.

Cerita Legenda
Air terjun Sonngo Langit mempunyai kisah yang dramastis. Dikisahkan ada sepasang kekasih yang laki-laki berasal dari penduduk desa Tunahan dan  yang perempuan berasal dari warga sumanding keduanya saling mencintai singkat cerita sepasang kekasih itu menikah. Pada malam harinya antara pukul 01:00 dini hari sang isteri sedang mencuci piring didengar oleh ibunya , lalu menegur dengan bahasa jawa "ojo banter-banter nduk nek pecah mundak bojomu tangi" dalam bahasa indonesia "jangan gaduh nanti kalau pecah suami bangun"rupanya anak mantu (suami) salah mendengar di kira teguran ibunya dalam bahasa jawa " Nok Pecahno anggepmu gawane bojomu"dalam bahasa indonesia "di pecahkan kamu kira bawaan dari suamimu" sehingga sang suami ini tersinggung oleh perkataan menantunya kemudian mengajak isterinya pulang kerumah suami menggunakan kereta (kereta sapi) karena perjalanan waktu malam keadaan gelap sehingga ketika menyeberangi sungai terperosot sehingga terbawa arus sungai sehingga sampai masuk jurang air terjun songgo langit. Sehingga air terjun songgo langit terkenal dengan nama julukan JURANG NGANTEN (jurang pengantin).

Pantangan
Dari cerita legenda di atas sehingga warga desa bucu dan desa sumanding ketika mendapat jodoh dengan desa tunahan pada waktu ngantenan ( iring-iringan pengantin) tidak berani melewati sungai tersebut sehingga harus memutar lewat desa lain.

Nama Songgo langit
Dari cerita legenda tadi air terjun songgo langit di kenal dengan Jurang Nganten. Pergantian nama yang berasal dari Jurang Nganten menjadi songgo langit di karenakan banyak warga dan wisatawan melihat keindahan air terjun Songgo Langit dari bawah sehingga ketika melihat ke atas seakan-akan air terjun itu menopang langit. Sehingga warga memberi nama Songgo Langit (bahasa jawa).

Baca juga :
Tradisi Unik Warga Songgo Langit dan Sekitarnya
Pendidikan Karakter Yang Tepat Untuk Anak

6 Komentar untuk "Wisata Air Terjun Tertinggi di Jepara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel